Selasa, 02 Maret 2010

Pengaplikasian Teori Belajar Skinner

Terapi Operant Conditioning dari skinner menurut saya adalah terapi yang bisa diaplikasikan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, ciri khas teori Skinner adalah adanya Positive Reinforcement dan Negative Reinforcement.

  • Positive Reinforcement : Cara untuk Memperkuat suatu perilaku atau menghambat perilaku dengan cara memberikan sesuatu yang menyenangkan bagi subyek segera setelah perilaku itu muncul.

Contoh : Apabila kita mempunyai adik kecil yang tidak suka membaca, suruhlah ia membaca buku pelajaran setengah jam setiap hari dengan imbalan sebuah coklat silverqueen setiap selesai belajar. Dengan harapan bahwa adik kita akan terbiasa atau terpicu untuk membaca.

  • Negative Reinforcement : Cara untuk memperkuat suatu perilaku atau menghambat perilaku dengan cara mencabut sumber ketidaknyamanan atau ketegangan subyek setiap kali perilaku itu muncul.

Contoh : Seorang istri suka mengomel bila suaminya lupa mengkunci pintu, berhenti mengomel bila suaminya mengkunci pintu, dengan harapan bahwa lain kali suaminya cenderung mengulang kegiatan menutup pintu.

Namun untuk menggunakan reinforcement diatas harus memperhatikan beberapa hal yang penting, diantaranya adalah ketepatan Reinforcement, Jadwal Reinforcement, Penghapusan Reinforcement, dll. Berikut ini adalah sebuah video mengenai operant conditioning yang dipresentasikan oleh Skinner sendiri.

  • Positive Punishment: Cara mengurangi perilaku dengan cara memberikan punishment (hukuman). Contoh: Apabila teman sekelompok tugas kita malas mengerjakan tugas, kita keluarkan saja dari kelompok (punishmentnya: dikeluarkan). Sehingga, lain kali ia tidak akan melakukan hal yang sama yaitu tidak mengerjakan tugasnya.
  • Negative punishment : Cara mengurangi perilaku dengan menghilangkan hal-hal yang menyenangkan/disukai.  Contoh: Adik kita sangat suka bermain playstation. Setiap kali ia tidak mengerjakan tugas/prnya, ia  akan menerima hukuman yaitu tidak diperbolehkan bermain play station.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar