Rabu, 03 Maret 2010

Aplikasi Teori Belajar Vygotsky



Teori belajar Scaffolding yang dicetuskan oleh Vygotsky bisa kita aplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya: Mama saya ingin belajar memakai laptop untuk bisa membuka facebook. Pada awalnya, saya terus menerus berada di sampingnya dan mengajarkannya untuk menyalakan komputer, log in ke facebook memencet-mencetkan tombol sambil menunjukkan cara-caranya kepada ibu saya. Secara bertahap, saya tidak menolongnya dalam menyalakan dan mematikan laptop. Kemudian dalam membuka facebook masih saya tolong. Lalu saya mulai membiarkannya mencoba untuk menyalakan, mematikan, dan log in ke facebook tanpa bantuan saya. Dan pada akhirnya saya tidak akan menolongnya lagi. Dengan demikian, lama-kelamaan ibu saya bisa menggunakan laptop dan membuka facebook tanpa bantuan saya lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar