Kamis, 25 Februari 2010

Pengertian Psikologi Pendidikan

*Arthur S. Reber 
Psikologi pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut :
a. Penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelas
b. Pengembangan dan pembaharuan kurikulum
c. Ujian dan evaluasi bakat dan kemampuan
d. Sosialisasi proses-proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah kognitif
e. Penyenggaraan pendidikan keguruan

*Barlow 
Psikologi pendidikan adalah ...... a body of knowledge grounded in psychological research which provides a repertoire of resource to aid you in functioning more effectively in teaching learning process.
Psikologi pendidikan adalah sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas-tugas seorang guru dalam proses belajar mengajar secara efektif.

*Tardif 
Psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.

*Witherington 
Psikologi pendidikan sebagai “ A systematic study of process and factors involved in the education of human being.
Psikologi pendidikan adalah studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.

*Jadi, psikologi pendidikan ialah sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologi yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu melaksanakan tugas sebagai seorang guru dalam proses belajar mengajar secara lebih efektif. Psikologi pendidikan oleh banyak ahli psikologi termasuk ahli psikologi sendiri, cenderung dianggap sebuah subdisiplin psikologi yang bersifat praktis bukan teoritis. Alhasil, psikologi pendidikan dapat digunakan sebagai pedoman praktis disamping sebagai kajian teoritis. Psikologi pendidikan memiliki objek riset dan kajian berupa siswa dan guru selaku peserta didikan pendidik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar